PALEMBANG – Lembaga Negara pengawas pelayanan publik Ombudsman RI memberikan Penganugerahan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik 2023 atau Apresiasi atas (Pelayanan dan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) pada tahun 2023.
Terdapat peningkatan jumlah penyelenggara layanan yang masuk zona hijau atau memperoleh opini kualitas tertinggi dan tinggi di 2023 dibandingkan dengan 2022. Total jumlah entitas yang disurvei pada 2023 sebanyak 586, dari jumlah tersebut yang masuk zona hijau 414 (70,70%), zona kuning 133 (22,66%), dan zona merah 39 (6,64%). Sedangkan tahun 2022, jumlah entitas 586, jumlah yang masuk zona hijau sebanyak 272 (46,42%), zona kuning sebanyak 250 (42,66%), zona merah sebanyak 64 (10,92%).
Penilaian kepatuhan merupakan bentuk pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik oleh Ombudsman RI yang bertujuan untuk mendorong pencegahan maladministrasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Selain itu, penilaian kepatuhan juga menjadi tolak ukur terhadap evaluasi dan penguatan pengawasan internal melalui atasan langsung.
Seperti kita ketahui, penilaian kepatuhan standar pelayanan publik telah dilaksanakan sejak 10 tahun lalu. Penilaian kepatuhan ini merupakan kegiatan prioritas pemerintah dalam RPJMN 2020-2024, yang diamanatkan kepada Ombudsman RI. Sebagai bagian prioritas program reformasi kelembagaan birokrasi untuk mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik. Dimana hasil penelitian ini akan menggambarkan potret pelayanan publik nasional yang lebih komprehensif dalam meningkatkan mutu pelayanan publik.
Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam hal ini Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan mendapatkan Apresiasi langsung oleh ombusdman RI.
Alhamdulilah Pemerintah Kabupaten Lahat mendapat apresiasi penghargaan dari ombusdman ri. Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Lahat Yahya Eduar mengungkapkan dan menjelaskan.
“Semua ini tidak lepas dari dukungan kawan – kawan dan Pemkab Lahat, insya allah untuk kedepannya kita akan pertahankan untuk mendapat penghargaan kembali,”ucap kadis dpmptsp.
Penyerahan penghargaan yang diberikan oleh ombusdman RI Ir. Boby hamzah Rafinus selaku Wakil ketua ombusdman dan didampingi oleh Ketua ombusdman perwakilan sumsel memberikan langsung penghargaan kepada Pj Bupati Lahat Muhammad Farid, S.STP.,M.Si bertempat di Griya Agung Palembang
Adapun sasaran penilaian meliputi dimensi input yang terdiri dari variabel penilaian kompetensi pelaksana dan variabel pemenuhan sarana prasarana pelayanan. Kedua, dimensi proses terdiri dari variabel standar pelayanan. Ketiga, dimensi output terdiri dari variabel penilaian persepsi maladministrasi. Terakhir, dimensi pengaduan terdiri dari variabel pengelolaan pengaduan.